Class
adalah blue print yang digunakan untuk mencetak object,sehingga object object yang dicetak dengan kelas yang sama akan memiliki kesamaan atribute dan method yang khas dan kelas juga digunakan sebagai tipe data dari objek objeknya.
Contoh kelas misalnya Buku,Mobil,Mahasiswa.
Contoh objek misalnya suatu buku suatu mobil, dll
Attribute
Adalah apa saja yang dapat diinformasikan mengenai identitas atau ciri atau kondisi suatu objek.
contoh: Deklarasi attribut:
(modifier tipedata namavariabel:
(public)(static) final tipedata NAMA_KONSTANTA= nilai;
Contoh
public class CircleClass{
public static final double PI =
3.14159265358979323846;
public double x, y,r;
// dan seterusnya
}
Method adalah apa saja yang dapat dilakukan atau dialami suatu objek, jika bersifat static berarti dilakukan oleh semua objec dalam class tersebut. Method diletakan didalam classbody.
Bentuk umum method:
[modifier] tipe_return_value namaMethod([tipe} [parameter])
[throws namaClassEksepsi] { methodbody;
}
abstract tipe_return_value namaMethod([tipe][parameter]);
Modifier boleh lebih dari satu(dipisah oleh spasi). pasangan tipe dan parameter dapat lenih dari satu (dipisah oleh koma).
Bentuk umum method main() sebagai berikut:
{modifier} tipe_return_value main(String args[] {methobody}
ada lima sintax pemanggilan method :
1. namaObjek.namaMethod([argument]); // cara 1
2. namaClass.namaMethod([argument]); // cara 2
3. super.namaMethod([arguments]); // cara 3
4. this.namaMethod([arguments]); // cara 4
5. namaMethod([nilaiParameter]); // cara 5
Method dasar ada dua jenis yaitu getter() dan setter().
Method getter adalah untuk mengambil informasi isi attribut dalam suatu class.
Method setter adalah untuk memberikan isi attribut dalam suatu class.
contoh:
public class Dog{
// information hidding
private int weight(){
// Method jenis getter()
public int weight(){
return weight;
}
// method jenis setter()
public void setWeight ( int newWeight) {
weight = new Weight;
}
}
No comments:
Post a Comment