Didalam bahasa pemogramna Java untuk membaca input dibutuhkan suatu tool program tersendiri.
Program Java telah menyiapkan program tools yang namanya System.in sebagai input stream yang berfungsiuntuk mendapatkan input berbasis teks dari keyboard, sedangkan input yang berbasis grafis menggunakan kelas JTekxtField atau JTextArea.
Karena System.In adalah Input stream, agar input bisa didapat melalui pembacaan maka perlu di enkapsulasi.
Berikut ini adalah langkah langkah dari proses enkapsulasi:
InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader buf = new BufferReader(isr);
Stringstr = buf.readLine(); // String dapat diperoleh dengan memanggil readLine90 dari objek milik kelas BufferedReader.
Penggunaan method readLine() dilakukan didalam blok try-catch.
Ada tiga cara memasukan data melalui key board yaitu:
1. Menggunakan method readLine() yang dipanggil melalui objek milik kelas BufferReader.
2. Menggunakan method showInputDialog() yang langsung dipanggil dari class JOptionPane.
3. Menggunakan method next() yang dipanggil dari objek milik class scanner.
Contoh dalam penulisan program:
import java.io.*;
class InputString {
public static void main(String[] args) throws IOException {
System.out.print("Masukkan nama Anda: ");
String nama;
InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
nama = br.readLine();
System.out.println("Halo " + nama +
", sudahkah Anda mengerti Java?");
}
}
Selamat belajar.....
Silahkan Klik Pewarisan atau Inheritance
No comments:
Post a Comment