Selamat Datang Di Blog Kami Semoga Bermanfaat


Tuesday, May 13, 2014

Kelebihan sistem Design and Build Procurement

Kelebihan sistem Design and Build Procurement :

    1. Proses desain dan konstruksi dapat berjalan pararel atau bersamaan, sehingga mempersingkat waktu penyelesaian proyek secara keseluruhan dibandingkan dengan sistem yang lain.

    2. Kepastian nilai pekerjaan yang dilaksanakan dapat lebih dijaga selama Owner dapat menahan diri untuk tidak menginstruksikan atau meminta perubahan selama pelaksanaan pekerjaan -- yang dapat dicapai apabila penyusunan TOR betul-betul sesuai dengan kebutuhan Owner akan fungsi dan pemakaian di kemudian hari.

   3. Tidak mutlak memerlukan Konsultan MK independen, untuk kebutuhan pemberian keputusan maupun instruksi dari Owner, dapat dilakukan dengan menyewa atau menugaskan personel yang kompeten dan dapat bertindak atas nama Owner.

   4. Perubahan atas desain atau spesifikasi masih memungkinkan untuk dilakukan oleh Owner, namun harus mempertimbangkan aspek atau konsekuensi atas biaya langsung (pelaksanaan), biaya yang timbul karena gangguan atas pelaksanaan pekerjaan yang sedang berjalan (overhead) dan penambahan waktu yang mungkin diperlukan, yang pada umumnya akan diajukan oleh Kontraktor.

    5.Apabila penyusunan TOR dan evaluasi atas proposal atau usulan desain terkait kesesuaian dengan TOR dilakukan dengan baik dan hati-hati, sistem ini mempunyai faktor resiko yang relatif kecil, dengan potensi resiko kurangnya kemampuan kontrol atas pengembangan dan pendetailan desain dan kualitas pelaksanaan pada waktu pelaksanaan pekerjaan.

No comments:

lwk

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...